Saturday, 9 March 2013

Pengaruh Obat-Obatan dan Narkotik Terhadap Sistem Saraf




Obat-obatan dan Narkotika mempunyai pengaruh langsung dengan kesadaran manusia. Rasa sakit dan nyeri sebenarnya merupakan bentuk respon dari tubuh dalam menanggapi suatu rangsangan. Namun manusia sering berusaha untuk mengurangi rasa sakit atau nyeri itu dengan mengkonsumsi obat-obatan.
Penggunaan obat-obatan ada yang dapat menghilangkan penyebab timbulnya rasa sakit dan ada pula obat yang menghilangkan rasa sakit tanpa menghilangkan penyebab yang menimbulkan rasa sakit. Obat yang hanya menghilangkan rasa sakit ini memberikan kesembuhan semu, karena rasa sakit itu akan muncul bila efek obat sudah hilang. Yang termasuk obat-obat jenis ini adalah sebagai berikut.  
Alkohol  
Alkohol mempunyai fungsi sebagai disinfektan dapat digunakan untuk membunuh mikroorganisme yang ada di luar tubuh dan untuk sterilisasi alat-alat kedokteran. Namun orang banyak menggunakan alcohol sebagai campuran dalam bahan-bahan yang dikonsumsi. Alkohol yang dicampur dalam minuman dapat menekan rasa gelisah, tidak senang, ketakutan dan ragu-ragu, sehingga alkohol disebut sebagai depresan. Namun alcohol sebagai depresan hanya bersifat sementara, setelah pengaruh alcohol telah hilang maka semua perasaan yang tidak menyenangkan tersebut akan muncul kembali dan membuat orang ingin mengulangi minum kembali.
Hal ini dapat menimbulkan ketagihan atau adiksi fisiologik, yaitu keinginan untuk mengkonsumsi alcohol dengan dosis yang selalu meningkat. Akibat yang akan timbul adalah hilangnya kesadaran dan aktivitas alat-alat dalam menjadi tidak normal.
Narkotika
Narkotika dalam bidang kedokteran berfungsi untuk mengurangi rasa sakit. Namun narkotika dapat menimbulkan adiksi pada tubuh.  
Bahan yang termasuk narkotika.
  1. Morfin dan kodein, yaitu obat yang berfungsi untuk menekan rasa sakit. 
  2. Opium, yaitu senyawa kimia yang dapat digunakan untuk obat. 
  3. Heroin, yaitu obat sintetik yang diperoleh dai pengolahan morfin, efeknya seperti morfin. 
  4. Kokain, yaitu zat kimia yang dihasilkan oleh tanaman Cocca sp yang dapat digunakan untuk menekan saraf pada kulit dan untuk anesthesia lokal.
Amfetamin
Merupakan obat yang digunakan untuk merangsang agar manusia tidak mengantuk. Penggunaan obat ini dapat menimbulkan kelelahan yang berlebihan pada organ-organ tubuh sehingga dapat menimbulkan kemunduran.  
Valium
Efek dari valium adalah munculnya rasa tenang, santai dan tidak ada beban. Obat ini dapat menimbulkan ketagihan atau adiksi fisiologik.
Bahan penikmat
Manusia banyak memanfaatkan alkaloid dari tumbuhan untuk memperoleh kenikmatan, seperti menggunakan tembakau untuk rokok, kopi, coklat dan teh untuk minuman. Bahan-bahan ini dapat menimbulkan adiksi fisiologik. Untuk itu dianjurkan pemakaian bahan-bahan ini tidak dilakukan secara rutin dan terus menerus.

No comments:

Post a Comment